Saturday, July 23, 2011

Contoh Proposal Penelitian Pengembangan

PROPOSAL PENELITIAN PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN PARTNERSHIP DALAM PEMASARAN KOMODITAS PERTANIAN

Pemasaran produk pertanian bagi petani skala kecil umumnya merupakan titik kritis dalam rantai agribisnis. Pemerintah hanya dapat sedikit memfasilitasi dalam hal pemasaran. Misalnya,untuk pembelian hasil panen padi petani hanya disediakan dana sekitar tujuh persen dari total hasil panen. Dalam hal pemasaran sayuran,pemerintah menyediakan sarana transaksi berupa sentral terminal agribisnis (STA) yang fungsinya belum efektif. Dampaknya adalah harga yang diterima petani masih relatif rendah. Pasar produk pertanian berkembang pesat seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat.

Semula petani umumnya menjual kepada pedagang pengumpul yang kemudian dijual ke pasar tradisional dimana konsumen membeli produk pertanian. Pasar tradisonal dicirikan oleh biaya operasional yang relatif rendah,marjin dari transaksi relatif kecil,hubungan pembeli dan penjual sangat erat,penjualan dalam volume kecil,dan adanya jejaring sosial. Pasar produk pertanian sekarang mengalami perkembangan yang pesat,yaitu menjadi pasar modern antara lain dengan hadirnya super market di berbagai daerah. Ciri pasar modern antara lain produknya terdiferensiasi misalnya ditandai dengan merek dagang,keamanan dan mutu produk,standardisasi,pasokan yang terjamin,kerjasama penjual dan pemasok berdasarkan kontrak,pemanfaatan teknologi penyimpanan dan teknologi informasi,dan manajemen yang handal (INA,2007). Pertumbuhan supermarket akan mengikuti perkembangan klaster penduduk dengan golongan pendapatan tinggi yang membutuhkan kenyamanan dan pelayanan yang lebih baik serta mampu membayar dengan tingkat harga yang lebih tinggi.

Dalam periode 1997-2003 penjualan supermarket meningkat jauh lebih cepat dibandingkan pasar tradisional (15% versus 5%) dan pangsa retail modern meningkat-menjadi 29.6% pada tahun 2004,dan diperkirakan mencapai 35% pada tahun 2007 (Rangkuti,2004;Nielsen,2004). Khusus untuk pembelian buah-buahan segar (termasuk mangga),sebagian besar konsumen perkotaan (85%) melakukan pembelian di pasar tradisional,dengan alasan utama harga yang lebih murah. Nampak jelas bahwa peran pasar tradisional akan tetap dominan,sehingga upaya secara berkelanjutan di dalam membenahi struktur dan infrastruktur pemasaran perlu terus dilakukan,agar bagian harga yang diterima petani tetap memadai.

No comments:

Post a Comment